Jumat, 12 Juli 2013

mereset Password BIOS yang Muncul Tiba-Tiba



Banyak keluhan yang sering kita dengar mengenai Password Bios yang tiba-tiba muncul ketika menyalakan Laptop. Padahal tidak ada yang menset password.  Pertanyaan yang sederhana penyelesaikan yang rumit.
Password notebook umumnya di tulis di memory, untuk memory tempat simpan memory tersebut ada beberapa macam yang popular :
  1. RAM (bukan RAM notebook, tetapi internal memori yang dimiliki oleh mainboard)
  2. EEPROM / flash rom orang biasanya tahu
Yang membedakan antara kedua macam yaitu kalau RAM sangat bergantung pada kekuatan listrik untuk menahan atau menyimpan,  secara umum listrik tersebut didapat dari battery notebook dan battery CMOS, untuk jenis notebook yang menggunakan RAM sangat mudah untuk me-reset password nya, tinggal cabut battery dan battery cmos , setelah itu biarkan selama 15 menit, nanti password dengan sendirinya akan hilang. Ini berlaku juga untuk Personal Komputer (PC).

Sedangkan untuk yang teknologi EEPROM mereka menggunakan teknologi non-violatile memory dimana teknologi ini tidak menggunakan listrik untuk menyimpan data, untuk model ini dengan cabut battery cmos tidak akan pengaruh.  Ada beberapa cara untuk model ini, data di tarik menggunakan alat memory reader, dan di tulis ulang.  Cara ini cukup effectif tapi tidak bisa solve semua problem, untuk model yang terdapat finger print, teknik tersebut masih belum teruji benar. Karena teknologi finger print terdapat encryption atau peng-kodean lagi agar data yang muncul tidak dengan muda dikenali, semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar